Drag race CBR250R vs Ninja250r…..jarak koq jauh benar ya??? Oktober 17, 2011
Posted by iwanbanaran in Honda, Kawasaki.trackback
Pertama
kali melihat tontonan adu balap drag yang diupload dalam Youtube
berikut ini membuat IWB terheran-heran atas jarak kekalahan yang
diderita Honda CBR250r. Mosok Ninja 250R bisa terlihat melik-melik saking jauhnya….
Dalam adu drag, banyak faktor yang
mempengaruhi kemenangan. Selain performa engine (so pasti), rider skill
dan tidak kalah penting adalah bobot pengendara. Keahlian individu
khususnya timing shifting pergigi yang tidak boleh telat sama sekali.
Kudu pas pokoke….tidak ada kompromi!!. Makanya pengalaman dan ketajaman
feeling menjadi senjata ampuh. Yang kedua adalah bobot. Wis…kalau
sampeyan termasuk yang obesitas, haram hukumnya menjadi joki drag race.
Kasihan mzbro motornya bisa hancur PWRnya !!. Mending jadi juri aja dipinggir trek kayak IWB xixixi…..
Tontonan berikut menunjukkan betapa mesin
dua silinder memang digdaya khususnya soal adu drag race. Jujur…dalam
kacamata pribadi, rider CBR250r lumayan nekad melawan Ninja 250r dalam
lintasan bebas hambatan. Lawong nafasnya aja enteng tembus 13ribu rpm.
Bandingkan dengan CBR250r dimana 11 ribu adalah teriakan puncak rpm yang
bisa ditoleransi. Terbukti….engine DOHC single silindernya hanya mampu
melayani Ninja 250R dari 0-80km/jam. Tapi ada satu yang menggelitik dari
keseluruhan jalannya lomba….
Terlihat CBR250r terlalu awal oper gigi.
Gear 2…3, rpm hanya menyentuh 9.5ribu rpm (monggo diperhatikan). Padahal
setahu IWB, Honda CBR250r power masih ngisi hingga 10.5ribu rpm. Dengan
reaksi rider, praktis…katrolan tenaga pada gear berikutnya menjadi
ngempos dan kurang tendangan. Kemudian…..top speed. Koq naik ke
147km/jam aja susah bener ya bro??. Jangan-jangan bener apa yang
dikatakan salah satu komentator diYoutube…..“147kmh…. cbr rider obes”. Kegemukan….yup, ridernya obesitas kali ya bro . Tidak bisa dibuktikan…..
Apapun itu, kendati segala faktor yang
disebutkan tadi terlewati, bukan berarti CBR250R bisa mengungguli Ninja
250R dalam adu drag race. Sudah jelas kitiran mesin pararel engine
lebih superior. Namun, setidaknya bisa memperkecil jarak yang
kekalahannya bener-bener ngisin-ngisini para penyemplak CBR. Ya nggak bro. Ada komentar??
Tidak ada komentar:
Posting Komentar