Cara Menaikan Performa Suzuki Satria F 150 Supaya Lebih Kencang
Satria F 150 memang terkenal sebagai motor yang digandrungi anak muda karena larinya yang kencang. Nah agar satria 4 tak anda lebih kencang bisa memodifikasi / menerapkan beberapa cara di bawah :
1. Per Kopling
Buat
menyempurnakan penyaluran tenaga mesin, harus didukung entakan
kuat. Maksudnya, respons tendangan balik per kopling. Kerenggangan per
pun tetap terjaga. Sebab kampasnya tak selalu bergesekan dengan pelat
kering. Sehingga peranti itu lebih awet. Punya engine bagus, tapi bila
entakan koplingnya tidak, sama juga bohong. Rpm mesin tak akan menyentuh
putaran tinggi, ujar Cepi, mekanik Pro SE. Solusinya, bisa pakai merek
Inspiro.
2. CDI
Kuda
besi sekarang banyak dilengkapi CDI dengan pembatas rpm alias limiter.
So, jangan protes kalau puncak tenaga mesin enggak pernah
kesampaian. Baiknya, ganti tipe CDI unlimiter, ujar Sumantri bos Chips
Motor di Pos Pengumben, Jakbar. Sudah banyak CDI impor yang datang untuk
memuaskan hasrat ngebut para F150-ers. Misalnya, CDI racing buatan
Thailand, seperti LEK, Shindengen dan TDR. Namun tak ada salahnya
mengaplikasi buatan lokal. Sebab, kualitasnya tak kalah bersaing dengan
peranti pengapian dari Thai itu, lo! Sayang, baru satu buatan Indo yang
berani bertarung. Yakni merek BRT. CDI Shogun kebo juga bisa di
aplikasikan lho.
3. Knalpot
Untuk
menyalurkan gas buang, pilihan knalpot yang ideal jadi penentu
akselerasi. Sebab jika tak tepat, lari motor malah tertahan. Knalpot
besar belum tentu menambah power mesin, ujar Dodo dari Dodo Motor Sport
Racing, di Cileduk, Tangerang. Selain tertahan, jika mengaplikasi tipe
gambot, terkadang tenaga cendrung ngempos alias terbuang percuma. Maka
pemilik Satria F150 (F150-ers), harus pilih yang memiliki spesifikasi
volume sesuai karakter mesin. Pilihanya, beragam knalpot impor dan lokal
bisa jadi diaplikasi. Misal, buatan Thailand seperti merek Yoshimura.
Lainnya, merek Endurance model silencer oval, lalu Performance lapis
karbon dan penyalur gas sisa pembakaran berbahan stainless steel merek
KR9 buatan Thailand. Bila tak ingin mengganti keseluruhan bagian
knalpot, cukup tukar silencernya saja. Buatan lokal bisa jadi
alternatif, soal kemampuan tak kalah dibanding merek Thailand. Misal
merek Sinergy. Lainnya, merek Five Star.
4. Karburator
Beralih
ke piranti penyalur semburan bensin alias karburator juga banyak. Mulai
bikinan Amrik, Jepang hingga Taiwan dapat digunakan. Ukurannya dari 28
hingga 32 mm. Nah, bicarain karbu, tinggal pilih.Keihin atau
Mikuni. Keihin tipe PWK 28 mm, tipe FCR 28 mm vacuum Rp 3,5 juta. Merek
serupa untuk Honda NSR SP bisa dijagokan buat F150. Sedang Mikuni, hanya
tersedia dua option. Tipe TM28 mm, pilih buatan Taiwan. Bedanya ada
dibagian tengah. Racikan Jepang mengaplikasi nosel, jarum skep dan cut
away (bibir karbu) yang lebih besar ketimbang Taiwan.
5. Busi
Meski
Satria F 150 telah dilengkapi OIL COOLER, mesin juga butuh pendinginan
tambahan. Gak mungkin pakai dua oil coller( walaupun dengan sedikit
memaksa mungkin bisa di aplikasi , jalan keluarnya pakai aja busi tipe
dingin. Merk NGK Platinum CR8EGP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar